Persita Pilih Stadion Kuningan sebagai Markas Baru

BVO - Jakarta: KLUB Persita Tangerang akhirnya memilih Stadion Mashud Wisnu Saputra, Kuningan, Jawa Barat sebagai tempat untuk menggelar pertandingan kandang pada kompetisi Liga Super Indonesia (LSI) musim depan. Kepastian ini didapat setelah Sekretaris Tim Persita, Ali Subhan Waisulkarni mengkonfirmasikan kabar tersebut.


"Ya kita menggunakan Stadion Mashud Wisnu Saputra di Kuningan untuk menggelar laga kandang ISL musim depan," ujar Ali Subhan Waisulkarni saat dihubungi, Selasa (02/10).

Sebelumnya dua stadion yang diajukan pihak Persita untuk dijadikan kandang mereka yaitu, Stadion Siliwangi Bandung dan Stadion Mashud Wisnuputra. Namun menurut Ali Subhan, pihak pengelola Stadion Mashud yang telah lebih dahulu memberi lampu hijau buat skuad Persita menggelar laga home di sana.

"Persita Tangerang sudah mendapatkan izin untuk menjadikan Stadion tersebut sebagai kandang kami dalam partai di ISL nanti. Tahap awal kami diberikan waktu untuk satu musim kompetisi ini. Stadion itu dipilih karena memiliki fasilitas yang lengkap dan ada lampu penerangan, apabila Persita menggelar pertandingan pada malam hari," jelasnya lebih lanjut.

Stadion Mashud Wisnusaputra terletak di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Selama ini, stadion tersebut menjadi kandang bagi klub lokal, Pesik Kuningan. Stadion tersebut berkapasitas sekitar 10.000 penonton.

Dipilihnya Kuningan sebagai markas baru Persita, karena Stadion Benteng di Kota Tangerang, sebagai salah satu stadion yang terletak di Tangerang tidak layak untuk digunakan sebagai laga home base di kompetisi LSI.

Selain tidak layaknya Stadion Benteng untuk menggelar laga kandang, Persita juga tidak bisa bertanding di stadion itu karena alasan keamanan. Suporter Persita kerap terlibat tawuran antar suporter dengan kelompok suporter Persikota Tangerang, keadaan ini yang membuat Polres Metro Tangerang menolak memberikan izin laga kandang Persita di Stadion Benteng.

Pada kompetisi Divisi Utama 2011-2012, klub berjuluk Pendekar Cisadane tersebut menggunakan Stadion Krakatau Steel, Cilegon, Banten, untuk menggelar laga home base.

Sebagai pengganti Stadion Benteng, Tangerang, Pemerintah Kota Tangerang saat ini sedang dalam tahap pembangunan untuk membangun stadion baru di kawasan Legok.

Stadion merupakan salah satu pra syarat yang ditetapkan oleh PT Liga Indonesia (LI) selaku penyelenggara kompetisi ISL kepada klub peserta. Selain aspek lain yang dipersyaratkan, yaitu aspek legalitas, infrastruktur, supporting, manajerial dan finansial.

Semua peserta LSI akan ditetapkan pada 30 Oktober 2012. Sebelumnya, akan ada pengamatan kepada klub peserta yang dilakukan oleh PT LI.